Studi Banding ke Ponpes Al Hidayah Pringsewu

Studi Banding ke Ponpes Al Hidayah Pringsewu

Sabtu, 29 Januari 2022
Alhamdulillah, hari ini Pengurus PESANTREN ISLAM SUBULUSSALAM melaksanakan salah satu acara terpenting guna belajar dan mengembangkan Pengelolaan Pesantren dan Pendidikan di Pesantren Islam Subulussalam, yaitu rangkaian Study Banding ke Pondok Pesantren Al-Hidayah Pringsewu, salah satu Pondok Pesantren yang sudah cukup lama berdiri dan sudah banyak pengalaman dalam pengelolaan Pesantren dan Pendidikan.

Tim Study Banding bertolak dari Lokasi Pesantren Islam Subulussalam pada pagi hari jam 04.00 Alhamdulillah tiba di Ponpes Al Hidayah sesuai yg diharapkan. Walaupun ada beberapa kendala pada Armada Mobil yg kita gunakan. Tetapi bisa teratasi dengan baik, Biidznillah.

Acara, dibuka tepat jam 09.00 dibuka oleh Ketua Yayasan Bpk Dian Fansuri, menceritakan tentang latar belakang mulai Pendirian Ponpes Al Hidayah, mulai dari bangunan yg hanya 1 atau 2 ruang dan santri berjumlah 9 dan belasan saja sampai sekarang seluruh santri berjumlah kurang lebih 1.400 Santri (semua jenjang) dan 5 Lokal Komplek Ponpes yg terbagi dalam beberapa titik lokasi. Masya-Allah perkembangan dan peningkatan yg cukup signifikan dan cepat sekali dalam waktu yg tidak lama.

Kemudian setelah seremonial Pembukaan Sambutan dari Ponpes Al Hidayah dilanjutkan ucapan terima kasih dari Pesantren Islam Subulussalam, maka Tim Study Banding dari Pesantren Islam Subulussalam (terbagi menjadi 9 tim) langsung secara intensif bertemu dan belajar kepada Penanggungjawab masing-masing Bagian di Ponpes Al Hidayah.

Alhamdulillah, banyak sekali manfaat, ilmu dan pengalaman baru yg kita dapatkan dari kunjungan ini, tentunya hasil dari Study Banding ini akan kita jadikan sebagai Bahan untuk evaluasi, pembanding dan perbaikan dari sistem yg telah kita jalankan di Pesantren Islam Subulussalam.

Dan Pertemuan seperti ini saling Sharing antar Lembaga, saling menguatkan, berbagi Pengalaman dan Solusi dari berbagai masalah yg tentu ada di semua Lembaga Pendidikan sangat kita butuhkan demi majunya dakwah yg berkah ini. Kata beliau Ust. Fahrudin Majid, Lc bahwa Kita ini hanyalah orang-orang yang lemah tetapi kita berkumpul di Lembaga Pesantren ini berusaha untuk saling mengutkan di antara kita dengan saling memberikan kontribusi dari kemampuan yg dimiliki.

Kemudian terakhir, Acara ini ditutup secara resmi (tetapi secara tidak resmi tidak pernah tertutup akan terus bersambung dan menyambung) sebelum Shalat Ashar, kamudian Tim Study Banding berpamitan kepada tuan Rumah untuk undur diri kembali pulang. Masya-Allah sambutan yang sangat-sangat luar biasa dari Ponpes Al Hidayah, baik dalam keramahtamahan, ilmu yang didapatkan, hidangan yang diberikan dan obrolan-obrolan santai yang sarat akan pengalaman. Semoga seluruh kebaikan ini dibalas dengan kebaikan pula di dunia dan akherat, dan kita semua dikumpulkan sekarang di Dunia juga dikumpulkan kelak di Surga-Nya. Aamiin..

📷 Dokumentasi Kegiatan.
Juga Mobil ada sedikit kerusakan ketika Pulang, Alhamdulillah jam 17.20 selesai langsung kita lanjutkan perjalanan Pulang.

https://m.facebook.com/story.php?story_fbid=910598496274262&id=100019723601849

Share Anda adalah Bukti Cinta

Leave a Reply

Your email address will not be published.